Senin, 20 Februari 2017

Aromaterapi Bunga Lavender dengan Tingkat Kecemasan Remaja Putri saat Pre Menstrual Syndrome




Hallo Avisenaers, pembaca setia ICON, apa kabar ?. Kami kembali lagi nih dengan ICON terbaru tentang Aromaterapi Bunga Lavender dengan Tingkat Kecemasan Remaja Putri saat Pre Menstrual Syndrome.Oke, langsung aja ya guys….
Berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh ayut merdikawati, dkk bahwa aromaterapi bungalavender mempengaruhi penurunan tingkat kecemasan pada remaja putri yang mengalami Pre Menstrual Syndrome. Pada saat 2 minggu menjelang menstruasi, remaja akan mengalami Pre Menstrual Syndrome.
Pre MenstrualSyndrome merupakan kumpulan gejala yang muncul antara 1 hingga 14 hari sebelum masa  menstruasi dan biasanya berhenti saat menstruasi mulai akibat perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus saat ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium) dan haid. Gejala PMS bermacam-macam, salah satunya yaitu cemas. Perasaan cemas bisa disebabkan karena remaja merasa takut dengan hal yang akan dialami dan kurangnya informasi yang diberikan kepada remaja sehubungan dengan menstruasi.
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan tingkat  kecemasan adalah dengan teknik relaksasi. Salah satu teknik relaksasi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan aromaterapi. Aromaterapi bekerja secara bertahap meliputi indera manusia terhadap bau. Respon terhadap persepsi aroma tersebut diintegrasikan di dalam hipotalamus, yang akan mengkoordinasikan penyesuaian yang diperlukan untuk mengembalikan ke keadaan homeostasis (Turana, 2007).
Berdasarkan uraian tersebut diatas memang tujuan dilakukan pemberianaromaterapi bunga lavender pada remaja putri yang mengalami Pre Menstrual Syndrome adalah untuk penurunan tingkat kecemasan pada pada remaja putri yang mengalami Pre Menstrual Syndrome.
Nah buat avisenaers yang memiliki masalah dengan Kecemasan, dapat segera menerapkan nya niih.
Semoga bermanfaat ya !
SALAM ILMIAH !!!
Oleh: Delinda Wulandari
http;//ejournal.umm.ac.id/index.php/keperawatan/article

Tidak ada komentar:

Posting Komentar