Minggu, 01 Januari 2017

Cara Mengatasi Penyakit TB dengan Daun Meniran.



Hallo good people, kembali lagi dengan ICON (Ilmiah Collection)  Avisena . Pada kesempatan kali ini ICON akan membahas tentang cara mengatasi penyakit TB dengan daun meniran.
Penyakit Tuberkulosis a dalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis), sebagian besar kuman TB menyerang paru-paru, tetapi dapat juga mengenai organ tubuh lainnya. Meniran merupakan tanaman obat yang banyak ditemukan sebagai tanaman liar di pekarangan halaman rumah, sawah, ladang, hutan maupun pinggiran jalan.
Pemanfaatan meniran untuk pengobatan begitu luas, karena kandungan ekstrak methanol dalam meniran mempunyai sifat alami anti bakteri. Khasiat daun meniran sebagai tanaman untuk mengobati tuberkulosis karena daun meniran sangat efektif untuk mengurangi jumlah bakteri tahan asam (BTA, salah satu indikator TBC).
Pengolahan daun meniran dapat diekstraksi dan mengemasnya dalam bentuk kapsul, atau dengan cara menumbuk tanaman meniran sebanyak 5 batang lalu merebusnya dengan 2 gelas air sampai mendidih, setelah mendidih air rebusan meniran disaring dan siap untuk diminum. Dikonsumsi sebanyak 2 kali sehari.
Okay good people sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan good people sekalian. Salam ilmiah!!!

Oleh                : Hasnatul Sadiyah
Sumber            : http://www.ejournal.undip.ac.id/index.php/jim/article/view/10757


Tidak ada komentar:

Posting Komentar