Minggu, 04 September 2016

Manfaat Kandungam Flavonoid pada Buah Coklat sebagai Antioksidan



Hallo pembaca setia ICON apa kabar. Kembali lagi nih kami meluncurkan ICON terbaru tentang Manfaat Kandungam Flavonoid pada Buah Coklat.Baiklah langsung saja yaa. Menurut beberapa jurnal Manfaat Kandungam Flavonoid pada Buah Coklat adalah Sebagai Antioksidan yang efektif bagi tubuh, mengapa demikian? Yuk simak paragraf selanjutnya..

Menurut temuan terbaru, kakao (coklat hitam)adalah sumber zat bio-aktif antioksidan, khususnya senyawa flavonoid yang banyak bermanfaat bagi kesehatan. Biji kakao sebagai sumber yang kaya akan flavonoid, mengandung banyak monomer epikatekin (flavan-3-ol) dan molekul prosianidin (bentuk polimer). Dalam hal ini prosianidin merupakan penangkap radikal bebas yang efektif (Karyadi, 2005).
Mekanisme penangkapan radikal bebas oleh flavonoid adalah dengan  melepaskan atom hidrogen dari gugus hidroksilnya. Pemberian atom hidrogen ini meyebabkan radikal bebas menjadi stabil dan berhenti melakukan gerakan ekstrim, sehingga tidak merusak lipida, protein dan DNA (materi genetik) yang menjadi target kerusakan seluler. Flavonoid menghentikan tahap awal reaksi dengan melepaskan satu atom hidrogen kemudian berikatan dengan satu radikal bebas. Selanjutnya dengan mekanisme seperti itu, radikal peroksi dapat dihancurkan atau distabilkan dengan resonansi dari gugus hidroksil yang membuat energi aktivasinya berkurang.
Selain itu Universitas California  telah melakukan penelitian in vitro Carl Keen dan mendapatkan bahwa flavonoid kakao memiliki kekuatan sebagai antioksidan untuk mencegah reaksi berantai radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.(Anonim, 2005).Pakar kanker dari American Health Foundation, Weisburger, menegaskan bahwa keampuhan flavonoid(katekin) dan senyawa sejenisnya dalam melindungi tubuh dari kanker jauh di atas antioksidan lainnya. Keampuhan katekin sebagai antioksidan hampir 100 kali lebih efektif dari vitamin C dan 25 kali lebih ampuh dari vitamin E (Anonim, 2005).

Nah bagaimana pembaca setia ICON sudah tau kan mengapa buah coklat efektif sebagai antioksidan bagi tubuh. Baiklah sekian pembahasan kita hari ini..
Semoga bermanfaat J
SALAM ILMIAH!!!
Oleh : Yulinar Agustina
Sumber:
repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/25372/gdl (51)aa_1.pdf?sequence=1


1 komentar: