Sabtu, 17 Desember 2016

Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan.






Hallo good people, Nah pada kesempatan kali ini ICON akan membahas tentang Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan.
            Bengkoang (Pachyrhizus erosus) adalah salah satu jenis umbi namun memiliki rasa yang berbeda dari umbi yang lain dan mengandung air yang cukup banyak. Bengkuang telah dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan produk-produk kecantikan seperti lulur bengkuang, handbody bengkuang, dan sebagainya. Namun tahukah good people bahwa bengkuang masih belum dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga bengkuang bukanlah buah yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan berharga mahal.
Bengkoang mengandung bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti bengkuang antioksidan vitamin C, flavonoid, dan saponin yang berperan mencegah kerusakan kulit oleh radikal bebas. Kandungan vitamin C pada buah bengkuang yang tinggi yaitu sebesar 20 mg/100 gram yang sangat berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas penyebab kanker dan penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Sementara kandungan vitamin B1-nya bermanfaat untuk memperlancar metabolisme tubuh, mengoptimalkan fungsi otak, mencegah terjadinya kerusakan saraf, maupun memperlancar sirkulasi darah
Di dalam bengkuang terdapat juga fitoestrogen. Bagi kaum perempuan, kehadiran fitoestrogen sangat diperlukan untuk mempertahankan kualitas hidup di usia tua. Kandungan mineral kalsium pada bengkuang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, mencegah terjadinya keropos tulang (osteoporosis), melenturkan otot, menyetimbangkan tingkat keasaman darah, menurunkan risiko kanker usus, mencegah penyakit jantung, meminimalkan penyusutan tulang saat hamil dan menyusui, serta menjaga keseimbangan cairan tubuh. Selain itu bengkoang juga mengandung fosfornya bermanfaat untuk memperbaiki fungsi saraf dan otot, membantu penyerapan lemak di usus, mengoptimalkan fungsi jantung dan ginjal, atau dapat mengatasi kelelahan.

Nah, sekarang sudah tahukan Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat semua. Salam Ilmiah!!
Created by : Riantika Ervina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar