Sabtu, 08 Oktober 2016

Efektifitas Senam Disminoere dalam Menurunkan Nyeri Haid pada Wanita





Hello Avisenaers !! Ada info menarik nih, buat kitaa para wanita. Kali ini mimin mau ngasih info tentang Efektifitas Senam Disminoere dalam Menurunkan Nyeri Haid pada Wanita.
Tak jarang wanita di dunia ini mengalami nyeri saat haid atau yang lebih di kenal  dengan disminore. Mungkin kata disminore ini sudah tak asing lagi yaa bagi wanita, jadi disminore itu  adalah suatu gangguan fisik yang dialami wanita yang sedang menstruasi berupa nyeri/ kram perut. Kram tersebut dirasakan di daerah perut bagian bawah menjalar ke punggung atau permukaan dalam paha. Nyeri ini terjadi karena pengaruh hormon prostaglandin yang berlebih di dalam tubuh saat menstruasi, sehingga meningkatkan sensitivitas dan sensasi rasa sakit pada otot rahim. Nyeri yang dialami bervariasi, berbeda pada masing-masing orang.
 Tentunya nyeri ini sangat mengganggu kita kan ya, apalagi datangnya saat kita banyak aktivitas, wah wah bisa-bisa jadi ribet semua nih, karena tidak bisa beraktifitas dan harus istirahat. Nah, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri tersebut, selain menggunakan kompres hangat, ternyata olahraga-olahraga kecil seperti senam juga efektif lo, dalam menurunkan rasa nyeri pada saat haid.
Olahraga/senam merupakan salah satu teknik relaksasi yang dapat digunakan untuk mengurangi nyeri karena saat melakukan olahraga/senam, otak dan susunan saraf tulang belakang akan menghasilkan endorphin, hormon yang berfungsi sebagai obat penenang alami dan menimbulkan rasa nyaman (Harry, 2005). Termasuk juga senam disminore ini.
            Menurut penelitian yang dilakukan oleh Puji Purwaningsih, dkk pada tahun 2012, membuktikan bahwa senam disminore ini efektif untuk menurukan nyeri pada saat haid, senam disminore ini dapat digunakan sebagai alternatif terapi non farmakologi untuk penatalaksanaan dismenore. Penelitian lain menunjukkan hasil bahwa ada perbedaan tingkat nyeri yang dirasakan pada orang yang melakukan senam dengan yang tidak.
Senam yang dilakukan secara rutin meningkatkna jumlah dan ukuran pembuluh darah yang menyalurkan darah ke seluruh tubuh termasuk organ reproduksi, hal tersebut dapat memperlancar pasokan oksigen ke pembuluh darah yang mengalami vasokontriksi (penyempitan), sehigga nyeri haid dapat berkurang.
            Selamat mencoba yaa ,semoga bermanfaat ^^  #Salamilmiah

Oleh : Suci Meilisya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar