Sabtu, 15 Oktober 2016

Khasiat Kunyit Sebagai Obat Tradisional dan Manfaat Lainnya



HALLOW! AVISENA Kembali hadir dengan ICON (Ilmiah Collection)


T
anaman kunyit berasal dari Asia Tenggara, dan juga terdapat di India dan Indo-Malaysia. Tanaman ini banyak ditanam di Bangladesh, Cina, Filipina,India, Indonesia, Jamaika, Sri Langka, dan juga Taiwan. Tanaman ini biasa tumbuh di daratan rendah sampai ketinggian sekitar 2000 m di atas permukaan air laut, baik pada tanah liat maupun berpasir. Pada umumnya kunyit ditanam sebagai tanaman monokultur maupun sebagai tanaman tumpang sari di pekarangan, kebun, maupun hutan. Tanaman kunyit ini banyak manfaat dan kegunaannya, seperti good people sering menemukan di lingkungan masing-masing kunyit biasa diolah menjadi jamu dan obat traditional untuk meningkatkan daya tahan tubuh, pencegahan, perawatan, serta pengobatan berbagai penyakit. Kunyit ini telah termasuk dalam daftar WHO sebagai tanaman obat yang sering dikonsumsi oleh beberapa negara dan sering disebut dalam buku-buku farmasi serta ditulis sebagai resep obat traditional maupun resep resmi.(Kece badai bukan... J )
Good people taukah anda peranaan dari kunyit ini ??? tadi kita telah membahas kalau kunyit biasa diolah sebagai jamu dan obat tradisional.senyawa yang terkandung dalam kunyit ini yaitu kurkumin dan minyak atsiri.  Nah peranan kunyit ini sangatlah bermanfaat bagi tubuh kita yang mana kunyit sebagai antioksidan, antitumor dan antikanker, antipikun, antimikroba,dan antiracun. Secara traditional kunyit banyak digunakan oleh masyrakat sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh  mikroba parasit, gigitan serangga, penyakit mata, cacar, sakit perut (diare, sembeli, kembung), gangguan pencernaan, asma, menghilangkan gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya, serta mengurangi rasa nyeri dan sakit pada penderita rematik arthritis.   
Nahh.. good people masih ada lagi nih manfaat lainnya... good people masih penasarankan??? Yyukk cusss kita liat manfaat lain dari kunyit :D . Sebelumnya mimin mau kasih tau nih salah satu cara untuk mengolah kunyit sebagai obat traditional. Good people bisa mengiris-iris kunyit yang dicampur dengan gambir dan di seduh dengan air mendidih nah good people bisa menggunakan cara ini jika sedang mengalami sakit radang gusi dan gigi yang membengkak dengan cara dikumur.  Good people manfaat lain dari kunyit selain dari obat tradisional yaitu sebagai bumbu dan rempah, bahan pangan, pengawet makanan, pewarna alami, kosmetik, dan juga bahan untuk upacara adat.


Nah bagai mana good people dengan semua info yang telah mimin kasih  mudah bukan ??? semoga bermanfaat dan bisa dicoba yaa...
Okay avisenaerss semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan good people sekalian.
#salamilmiah 
Created by : irene pradita
Sumber:
perkebunan.litbang.pertanian.go.id/wp-content/uploads/2013/11/Perkebunan_KhasiatKunyit.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar