Sabtu, 01 Oktober 2016

Cara Menurunkan Stress Terutama dengan Musik





Hallow guys…..
Avisena  kembali hadir dengan ICON (Ilmiah Collection)..
Dari teman-teman semua siapa yang lagi stress nih?? Pasti ada yang lagi stress kan?? Stress karna tugas-tugas yang selalu deadline, stress karna masalah di kampus, apa lagi bentar lagi mau UTS yaa??? Hmm…..
Nah, Kali ini mimin bakalan bahas tentang bagaimana cara menurunkan stress terutama dengan musik.
Menurut penelitian yang telah dilakukan di universitas-universitas Australia, selama lebih dari dua dekade didapatkan bahwa stres di universitas semakin meluas dan bertambah jumlahnya. Sarafino (1994) menjelaskan bahwa stres merupakan suatu kondisi yang dihasilkan ketika transaksi antara individu dengan lingkungan yang menyebabkan individu tersebut merasakan adanya ketidaksesuaian baik nyata maupun tidak – antara tuntutan situasi dan sumbersumber dari sistem biologis, psikologis dan social yang terdapat dalam dirinya. Selanjutnya Schafer (2000) mengartikan stres sebagai gangguan dari pikiran dan tubuh dala merespon tuntutantuntutan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres berpengaruh negatif, baik terhadap fisik maupun psikologis. Terapi musik dapat digunakan dalam lingkup klinis, pendidikan, dan sosial bagi klien atau pasien yang membutuhkan pengobatan, pendidikan atau intervensi pada aspek sosial dan psikologis (Wigram dalam Djohan, 2006).
Musik memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  • Musik menutupi bunyi dan perasaan yang tidak menyenangkan;
  •  Musik dapat memperlambat dan menyeimbangkan gelombang otak;
  •  Music mempengaruhi pernapasan; 
  •   Music mempengaruhi denyut jantung, denyut nadi, dan tekanan darah;
  • Musik dapat menimbulkan rasa aman dan sejahtera
  •  Musik dapat memperkuat ingatan dan pelajaran

Hasil penelitian menunjukkan bahwa musik dapat secara langsung maupun tidak langsung mengurangi stres. Jadi guys, kita bisa mendengarkan music untuk mengurangi rasa stress yang kita alami, kita bisa mendengarkan music saat kita membuat tugas juga..
Nah guys,, mungkin itu saja pembahasan dari mimin,, semoga bermanfaat ya guys,, dan semoga pembahasan kita kali ini bisa di aplikasikan dan dapat menurunkan tingkat stress kita yaa,, selamat mencoba guys,,, 
 Salam Ilmiah !!

Created by      : Elsy Sovianty
Sumber            : https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/viewFile/7889/6122

Tidak ada komentar:

Posting Komentar