Sabtu, 24 September 2016

Pengaruh Pemberian Air Rebusan Daun Salam (Syzgium Polyanthum W) Terhadap Penurunan Kadar Asam Urat








            Hello sahabat setia avisena. Pembaca icon setia kami.
Kali ini kami hadir untuk membahas mengenai Pengaruh Pemberian Air Rebusan Daun Salam (Syzgium Polyanthum W) Terhadap Penurunan Kadar Asam Urat.Bagi yang suka masak pasti tau apa itu daun salam.  Daun salam biasanya menjadi salah satu bumbu penyedap bagi masakan. Daun salam biasanya dicampurkan pada masakan dalam bentuk kering ataupun masih segar.

Asam urat adalah senyawa sukar larut dalam air yang merupakan hasil akhir metabolisme purin. Secara alamiah purin terdapat didalam tubuh kita dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, yakni tanaman berupa sayur, buah, kacang-kacangan atau hewan berupa daging, jeroan, ikan sarden, minuman beralkohol dan makanan kaleng (Damayanti, 2012).
            Kandungan zat kimia dalam daun salam (Syzgium polyanthum W) yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah adalah Flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa pereduksi yang baik, menghambat banyak reaksi oksidasi, baik secara enzimatik maupun non enzimatik. Flavonoid juga berfungsi sebagai diuretik yang dapat memperlancar pembuangan zat-zat metabolisme yang tidak berguna didalam tubuh melalui urin (Utami, 2003).
            Caranya , ambil sekitar 10 lembar daun salam dan kemudian cuci bersih. Rebus dengan 10 gelas air, sampai sisa air tinggal 5 gelas. Minum rebusan ini dua kali sehari rebuasan ini.
            Beberapa penelitian terhadap rebusan daun salam menunjukkan bahwa daun salam dapat menurunkan kadar asam urat. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan untuk bahwa daun salam dapat dijadikan pengembangan terapi komplementer dalam membantu menurunkan kadar asam urat dengan merebus daun salam dan minum rebusannya dua kali sehari, dan asuhan keperawatan secara mandiri dapat dilakukan dengan lebih baik.

Oleh : Iska Mulwandari

Sumber: MEDISAINS
Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan, Vol. XVII No. 2 AGUSTUS 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar