Sabtu, 11 Maret 2017

MANFAAT COKLAT UNTUK KESEHATAN JANTUNG





Hello avisenaers. Apa kabar? Seperti biasanya ICON kembali hadir untuk mengisi Malam minggu mu, heheh
Kali ini kita akan membahas Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Jantung. Siapa sih yg gak suka coklat?semuanya pasti suka yaa. Pada saat ini, masih banyak orang yang mempercayai mitos tentang coklat dan takut mengonsumsi coklat walaupun sebenarnya mereka sangat ingin mengonsumsinya. Mengingat bahwa coklat ialah makanan berkalori tinggi dan kebiasaan mengonsumsi dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan. Masyarakat banyak yang kurang menyadari betapa bermanfaatnya coklat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi sesuai dengan takaran.
Sebuah studi di Boston yang telah diterbitkan di jurnal American Heart Association mencatat bahwa satu atau dua sajian coklat, sekitar 19 hingga 30 gram, per pekan dapat mengurangi risiko gagal jantung hingga 30%. Angka itu turun menjadi 26% ketika seseorang hanya memakan coklat satu hingga tiga kali setiap bulannya. Namun, mereka yang menyantap coklat setiap hari justru tidak terlihat mengalami penurunan risiko gangguan jantung sama sekali. Peneliti menyimpulkan efek melindungi coklat akan berkurang bila menyantap kurang dari atau lebih dari ukuran optimal, yakni satu atau dua kali sajian dalam sepekan.
Coklat mempunyai banyak efek terhadap kesehatan ,salah satunya adalah untuk kesehatan jantung. Coklat mengandung dua zat utama yaitu asam sterat dan flavonoid. Asam stearat dari coklat dikhwatirkan dapat meningkatkan kolesterol dalam darah, namun hal tersebut belum dapat didukung penelitian yang adekuat. Flanovoid,terutama jenis flavan-3-ol, memunyai efek baik bagi kardiovaskuler. Flavanoid bersifat antioksidan, sehingga dapat mencegah terjadinya suatu inflamasi pembuluh darah yang pada akhirnya menurunkan resiko aterosklerosis.  Konsumsi coklat juga dapat menyebabkan peningkaatan NO dalam darah sehingga meningkatkan fungsi endotel dan membantu menurunkan tekanan darah.
Coklat jenis dark chocolate, sangat kaya akan polifenol dan flavonoid, yaitu jenis antioksidan yang melindungi jantung dengan mencegah keping-keping lemak (platelets) menempel satu sama lain dan membentuk gumpalan yang menyumbat. Flavonoid dapat menetralkan efek buruk radikal bebas yang berniat menghancurkan sel-sel dari jaringan-jaringan tubuh. Mereka dipercaya sanggup menekan oksidasi low density lipoprotein (LDL alias kolesterol jahat) sehingga mencegah penyumbatan pada dinding pembuluh darah arteri. Menurut penelitian, coklat yang meleleh di dalam mulut dapat merangsang dan meningkatkan kinerja otak juga denyut jantung.
Oleh karena itu konsumsi coklat yang sesuai dosis dan teratur dapat menjaga kesehatan termasuk kesehatan jantung. Untuk kesehatan jantung direkomendasikan mengonsumsi coklat hitam dengan kandungan flavanoid yang tinggi. 
Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat ya. SALAM ILMIAH !!

Oleh : Suci Meilisya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar