Sabtu, 29 April 2017

Khasiat Daun Sirih untuk Mimisan


Hello Avisenaers.. kembali lagi dengan  ICON (ilmiah Collection). Nah kali ini kita bakalan bahas tentang, manfaat daun sirih untuk menghentikan pendarahan hidung saat mimisan. Sebelumnya, avisenaers tau gak sih apa itu mimisan?
Mimisan atau dalam istilah kesehatan dikenal dengan epitaksis merupakan pendarahan yang terjadi dari hidung. Darah dapat keluar dari salah satu atau kedua lubang hidung dengan durasi yang berbeda-beda. Ada yang mengalaminya hanya selama beberapa detik, dan ada yang lebih dari 10 menit. Mimisan ini sebenarnya bukanlah penyakit, tapi merupakan gejala dari suatu penyakit. Penyebab mimisan itu sendiri, beragam baik karena faktor lokal seperti iritasi mukosa hidung karena cuaca, ataupun karena faktor sistemik seperti penyakit gangguan darah.
Untuk penanganan sederhananya dapat dilakukan dengan penekanan langsung pada hidung ataupun dengan kompres dingin. Namun, avisenaers tau gak sih? Ternyata mimisan ini dapat juga dihentikan dengan menggunakan tanaman obat, yaitu daun sirih.
Berdasarkan  hasil  penelitian, untuk  menghentikan  pendarahan  sementara  dapat menggunakan  daun  sirih.  Aroma  daun  sirih  yang disumbatkan pada lubang hidung menghentikan pendarahan untuk sementara  waktu sehingga  dapat  digunakan sebagai pengobatan  untuk mimisan .
Pengobatan  mimisan  ini dilakukan  dengan  cara  menggulung  daun  sirih  dan disumbatkan ke dalam hidung.  Dalam memanfaatkan daun sirih digunakan daun sirih yang masih berwarna hijau dan dipetik  sebelum  matahari  terbit  karena  intensitas  sinar matahari  mengurangi  aroma daun. Daun sirih mengandung zat  antiseptik  yang  mampu  membunuh  kuman  dan  zat adstringent yang mampu mengerutkan jaringan.
Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat yaaa. SALAM ILMIAH !!!

Oleh : Suci Meilisya

Sumber : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar